Permainan Sipak Rago Hilang Tertelan Masa


Permainan Sipak Rago Hilang Tertelan Masa
Sipak rago (bahasa Indonesia: sepak raga) merupakan salah satu permainan anak nagari yang cukup disukai oleh masyarakat. Namun, dewasa ini, permainan ini sepertinya sudah tidak terlihat lagi dan mulai hilang tertelan masa. Padahal, dahulunya permainan ini sangat diminati oleh generasi muda nagari.

Sipak rago dimainkan oleh beberapa orang. Bolanya terbuat dari rotan. Pemain menendang bola sampai melambung tinggi ke atas. Bola di sepak dan berpindah dari satu kaki pemain ke kaki pemain yang lain. bola rotan ini tidak boleh dibiarkan jatuh ke tanah (lantai).

Fungsi sipak rago ini adalah untuk berolahraga dan gerak badan. Dengan mempertahankan bola terus-menerus mengapung di udara melalui tendangan pemain, pemain selalu diminta waspada dan gerakan haruslah cepat. Dengan gerakannya yang cepat tersebut, pemain telah berolahraga dengan baik.

Permainan sipak rago tidak lagi dijumpai saat ini di daerah Minangkabau. Permainan itu telah lenyap dan digantikan oleh permainan lain seperti bulu tangkis, sepak bola, dan lain-lain. Kesimpulannya, Sipak rago adalah salah satu permainan anak nagari di Minangkabau yang telah lenyap.

Latest Articles Published :

What do you think?