Makna Pakaian Penghulu Minangkabau


Makna Pakaian Penghulu Minangkabau
Pada topik sebelumnya telah di jelaskan siapa yang dimaksud dengan pangulu?. Jadi, sebagai pemimpin, tentunya seorang pangulu memiliki pakaian kebesaran. Pakaian tersebut adalah pakaian adat minangkabau. Pakaian adat tersebut, tidak hanya sebagai pakaian sekedar pakaian. Namun, pakaian tersebut memiliki makna simbolik, kepribadian, dan makna yang tersembunyi  di dalamnya.

Pakaian lengkap kebesaran pangulu ada delapan macam. Setiap pakaian mengandung makna tersendiri yang mendalam. Pakaian tersebut yaitu,
  1. Deta : saluak dan deta bakaruik
  2.  Baju : tanpa saku, berlengan panjang sedikit di bawah suku
  3.  Celana : linggar serta lapang
  4.  Sisamping : kain sampiang, saruang
  5.  Cawek : ikat pinggang
  6.  Salempang : kain sandang, kain salendang
  7.  Karih : keris
  8. Tongkat : kayu lurus dan kuat, berkepala perak
Deta yang terdiri dari deta saluak dan deta bakaruik (berkerut). Deta ini melambangkan akal yang berlipat-lipat dan mampu menyimpan rahasia. Deta dipasang lurus melambangkan keadilan dan kebenaran. Kedudukannya yang longgar melambangkan pikirannya yang lapang dan tidak mudah tergoyahkan. Sesuai dengan ungkapan berikut ini:

Badeta panjang bakaruik,
Bayangan isi dalam kulik
Panjang tak dapek di ukua
Eba tak dapek di bilai
Salilik lingkaran kuniang
Ikek santuangan di kapalo

Tiok katuak ba undang – undang
Tiok liku aka manjala
Dalam karuik budi marangkak
Tambuak dek paham tiok lipek

Lebanyo pandidiang kampuang
Panjangnyo pandukuang anak –kemenakan
Hamparan di rumah gadang
Paraok gonjong nan ampek

Di halaman manjadi payuang panji
Hari paneh tampek balinduang
Kalau hujan tampek bataduah
Dek nan salingkuang cupak adat
Nan sapayuang sapatagak

Baju tanpa saku berlengan lapang sedikit di bawah siku melambangkan bahwa pangulu tidak mengambil keuntungan untuk dirinya. Lengan longgar dan sedikit di bawah siku melambangkan sifatnya yang ringan tangan membantu orang lain dalam kesukaran. Hal tersebut sesuai dengan ungkapan berikut ini :

Baju hitam gadang langan
Langan tasenseng tak pambangih
Bukan karano dek pamberang
Pangipeh naknyo dingin
Pahampeh miang di kampuang
Pangikih sifat nan buruak

Siba batanti timba bliak
Mangilek mangalimantang
Tutuik jahik pangka langan
Mambayangkan mauleh indak mambuku
Mambuhua indak mangasan

Lauik di tampuah indak barombak
Padang di tampuah indak barangin
Budi haluih bak lauik dalam
Sifat bapantang kahujuakan

Indak basaku kiri
 alamatnyo nan bak kian
indak mangguntiang dalam lipatan
indak manuhuak kawan sairiang
indak maambiak untuang di ateh sangketo

lihia nan lapeh tak bakatuak,
babalah dado
manandokan pangulu alamnyo leba
mamakai sifat lapang hati
babumi laweh
bapadang lapang
gunuang tak runtuah karano kabuik
lauik tak karuah karano ikan
tagangnyo bajelo – jelo
kanduangnyo badantiang – dantiang

Celana longgar serta lapang melambangkan kemampuan membuat langkah kebjiaksanaan dengan gerak yang ringan, santai, tidak menyulitkan. Ia melangkah berdasarkan “alua jo patuik, patuik jo mungkin” tanpa ada yang menghalangi. Sesuai dengan ungkapan berikut ini :

basarawa lapang gadang kaki
kapanuruik alua nan luruih
kapanampuah jalan nan pasa
ka dalam korong dengan kampuang
sarato koto jo nagarinyo

langkah salasai baukuran
martabat nan anam mambatasi
murah jo maha di tampeknyo
baiyo mako bakato
batolan mako bajalan

sisampiang atau kain sampiang (saruang) adalah kain yang di lilitkan dari pinggang ke bagian atas lutut melambangkan kehati-hatian dan kewaspadaan menjaga diri dari kesalahan atau kekhilafan.
Cawek atau ikat pinggang melambangkan kekukuhan ikatan atau pegangan dalam menyatukan anak kemenakan, warga pasukuan, baik yang jauh maupun yang dekat. Sesuai dengan ungkapan berikut ini:

Cawek suto bajumbai alai
Saheto pucuak rabuangnyo
Saheto pulo jumbai alainyo
Jumbai nan tangah tigo tampek
Kapiliak anak kamanakan
Kalau tapancia di kampuangkan
Kalau tacicia inyo japuik
Ka panjarek aka budinyo

Kabek sabalik buhua sintak
Kokoh tak dapek kito ungkai
Guyahnyo bapantangan tangga

Lungga bak caro dukuah di lihia
Babukak makonyo tangga
Jorundiang mako nyo ta ungkai
Kato mufakat paungkainyo

Salempang, kain sandang atau kain salendang yang digantungkan di bahu melambangkan kemampuan memikul tanggung jawab yang di pikulkan kepadanya. Ia memikul tanggung jawab memimpin anak kemenakannya. Tanggung jawab itu baik buruk maupun dalam ke adaan sulit tidak pernah di elakkannya. Jadi sebagai pemimpin ia bertanggung jawab lahir dan batin terhadap yang dipimpinnya.

Karih atau keris yang disisipkan di pinggang. Hulunya tidak berambalau, tidak terpatri, tangkainya di arahkan ke sebelah kiri melambangkan pangulu memiliki senjata tetapi tidak untuk membunuh. Pangulu memiliki kekuasaan tetapi bukan untuk menjajah, bukan untuk menyengsarakan orang lain, melainkan untuk melindungi yang dipimpinnya.

Tungkek atau tongkat dari kayu yang kuat dan lurus. Melambangkan bahwasanya pangulu mampu menopang dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal itu juga menunjukan bahwa pangulu akan menopang adat, pusako dan anak kemenakannya.

Mengenaik keseluruhan pakaian adat pangulu tersebut juga diungkapkan dalam adat sebagai berikut :

Falsafah pakaian rang pangulu
Di dalam luhak tanah minang
Jikok ambalu maratak hulu
Puntiang tangga mati tabuang

Kalau kulik manganduang aia
Lapuak nan sampai kapanguba
Binaso tareh nan di dalam
Jikok pangulu bapaham caia
Jadi sampik alan nan leba
Lahia batin dunia tanggalam


Latest Articles Published :

What do you think?